SYARAT & KETENTUAN

Selamat datang di Batammall.co.id

  Syarat & ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT. STARCOM terkait penggunaan situs http://batammall.co.id. Pengguna atau user disarankan agar membaca dengan teliti karena dapat berakibat pada hak dan kewajiban Pengguna/pengunjung secara hukum. Dengan mendaftar dan menggunakan portal http://batammall.co.id, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat & ketentuan dalam portal atau website ini. Syarat & ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna/Pengunjung dengan PT. STARCOM. Jika pengunjung/pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat & ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di website ini.

A.  Definisi

B.  Akun, Sandi dan Keamanan

C.  Transaksi Terhadap Pembelian

D.  Transaksi Terhadap Penjualan

E.  Display Produk

F.  Biaya transaksi

G.  Harga

H.  Tarif Ongkos kirim

I.  Isi portal

J.  Jenis-jenis Barang

K.  Kartu Kredit

L.  Promo atau special price

M.  Pengiriman Barang

N.  Penarikan Dana

O.  Ketentuan Lain

P.  Penolakan Jaminan Dan Batasan Tanggung Jawab

Q.  Pelepasan

R.  Ganti Rugi

S.  Pilihan Hukum

T.  Pembaharuan


A.  Definisi

1.  PT STARCOM TECHNOLOGY INDONESIA adalah suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal http://batammall.co.id, yakni situs pencarian toko dan Barang yang dijual oleh penjual terdaftar. Selanjutnya disebut Batam mall.

2.  Situs Batam mall adalah http://batammall.co.id.

3.  Syarat & ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan Batammall yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab pengguna dan Batammall, serta tata cara penggunaan sistem layanan Batammall.

4.  Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Batammall, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs http://batammall.co.id.

5.  Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Barang yang dijual oleh Penjual di Situs Batammall

6.  Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu Barang kepada para Pengguna Situs Batammall.

7.  Barang adalah benda yang berwujud / memiliki fisik Barang yang dapat diantar / memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang, atau Jasa berupa perangkat lunak yang dikirim melalu surat elektronik dan media daring lainnya yang sah.

8.  Saldo Refund adalah fasilitas penampungan sementara atas dana milik Pembeli (bukan fasilitas penyimpanan dana), yang disediakan BatamMall untuk menampung pengembalian dana transaksi (refund) pembelian Barang, produk digital, dan/atau produk keuangan. Dana ini hanya dapat digunakan kembali untuk melakukan pembelian pada Situs batammall dan/atau ditarik ke akun bank yang terdaftar.

9.  Saldo Penghasilan adalah fasilitas penampungan sementara atas dana milik Penjual (bukan fasilitas penyimpanan dana), yang disediakan Batammall untuk menampung dana hasil penjualan Barang, produk investasi, dan/atau komisi affiliate pada Situs Batammall. Dana ini hanya dapat ditarik ke akun bank yang terdaftar dan tidak dapat digunakan kembali untuk melakukan pembelian pada Situs Batammall.

10.  Rekening Resmi Batammall adalah rekening bersama yang disepakati oleh Batammall dan para pengguna untuk proses transaksi jual beli di Situs Batammall.

B.  Akun, Saldo Refund, Saldo Penghasilan, Password dan Keamanan

1.  Pengguna dengan ini menyatakan bahwa pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.

2.  Batammall tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna.

3.  Pengguna memahami bahwa 1 (satu) nomor telepon hanya dapat digunakan untuk mendaftar 1 (satu) akun Pengguna Batammall, kecuali bagi Pengguna yang telah memiliki beberapa akun dengan 1 (satu) nomor telepon sebelumnya.

4.  Pengguna yang telah mendaftar berhak bertindak sebagai:

a.  Pembeli

b.  Penjual, dengan memanfaatkan layanan daftar tenan.

5.  Pengguna yang akan bertindak sebagai Penjual diwajibkan memilih pilihan menggunakan layanan. Pengguna dapat melakukan pengaturan terhadap item-item yang akan diperdagangkan di etalase tenan Pengguna.

6.  Pengguna yang telah melakukan pendaftaran sebagai tenan diberi waktu untuk menampilkan produknya selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari kalender setelah terdaftar. Apabila dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kalender Pengguna masih belum menampilkan produknya maka Pengguna menyetujui dan memahami bahwa Batammall berhak untuk menonaktifkan akun pengguna tanpa pemberitahuan sebelumnya.

7.  Batammall tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat & ketentuan dan/atau hukum yang berlaku, yakni tindakan berupa memindahkan Barang ke gudang, penghapusan Barang, moderasi toko, penutupan toko, pembatalan listing, suspensi akun, dan/atau penghapusan akun pengguna.

8.  Batammall memiliki kewenangan untuk menutup akun Pengguna baik sementara maupun permanen apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan Batammall. Pengguna menyetujui bahwa Batammall berhak melakukan tindakan lain yang diperlukan terkait hal tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada menolak pengajuan penjualanan barang yang baru apabila ditemukan kesamaan data.

9.  Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem Batammall, termasuk namun tidak terbatas pada : (i) manipulasi data Barang; (ii) kegiatan perambanan (crawling/scraping); (iii) kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual beli, promosi, dsb; (v) penambahan produk ke etalase; dan/atau (vi) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem.

10.  Batammall memiliki kewenangan untuk melakukan penyesuaian jumlah transaksi toko, penyesuaian jumlah reputasi, dan/atau melakukan proses moderasi/menutup akun Pengguna, jika diketahui atau diduga adanya kecurangan oleh Pengguna yang bertujuan memanipulasi data transaksi Pengguna demi meningkatkan reputasi toko (review dan atau jumlah transaksi). Contohnya adalah melakukan proses belanja ke toko sendiri dengan menggunakan akun pribadi atau akun pribadi lainnya.

11.  Saldo Refund berasal dari pengembalian dana transaksi (refund) pembelian Barang, produk digital, dan/atau produk keuangan di Situs BatamMall dan tidak bisa dilakukan penambahan secara sendiri (top up).

12.  Saldo Refund dapat digunakan sebagai salah satu metode pembayaran atas transaksi pembelian Barang, produk digital, dan/atau produk investasi di Situs BatamMall, dan dapat dilakukan penarikan dana (withdrawal) ke rekening bank yang terdaftar pada akun Pengguna.

13.  Saldo Penghasilan hanya berasal dari hasil penjualan Barang, produk investasi, dan/atau komisi affiliate pada Situs BatamMall dan tidak bisa dilakukan penambahan secara sendiri (top up).

14.  Saldo Penghasilan hanya dapat dilakukan penarikan dana (withdrawal) ke rekening bank yang terdaftar pada akun Pengguna, dan tidak dapat digunakan sebagai metode pembayaran atas transaksi pembelian Barang, produk digital, dan/atau produk investasi di Situs BatamMall.

15.  BatamMall memiliki kewenangan untuk melakukan pembekuan Saldo Refund dan Saldo Penghasilan Pengguna apabila ditemukan / diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan BatamMall.

16.  Penjual dilarang melakukan duplikasi akun, duplikasi produk, atau tindakan-tindakan lain yang dapat diindikasikan sebagai usaha persaingan tidak sehat.

17.  Pengguna tidak memiliki hak untuk mengubah nama toko dan/atau domain toko Pengguna.

18.  Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan sandi untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.

19.  BatamMall tidak akan meminta username, password maupun kode SMS verifikasi atau kode OTP milik akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu BatamMall menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan BatamMall atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.

20.  Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu BatamMall jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.

21.  Pengguna dengan ini menyatakan bahwa BatamMall tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi (OTP), password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.

22.  Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk mempergunakan fasilitas keamanan one time password (OTP) maka penyedia jasa telekomunikasi terkait dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Pengguna dengan nominal sebagai berikut (i) Rp 500 ditambah pajak 10% untuk Indosat, Tri, XL, Smartfren, dan Esia; (ii) Rp 200 ditambah pajak 10% untuk Telkomsel.

23.  Penjual dilarang mempromosikan toko dan/atau Barang secara langsung menggunakan fasilitas pesan pribadi, diskusi produk, ulasan produk yang dapat mengganggu kenyamanan Pengguna lain.

C.  Transaksi Pembelian

1.  Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh BatamMall. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli, dan kemudian BatamMall akan meneruskan dana ke pihak Penjual apabila tahapan transaksi jual beli pada sistem BatamMall telah selesai.

2.  Saat melakukan pembelian Barang, Pembeli menyetujui bahwa:

a.  Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Barang (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.

b.  Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari produk sebagaimana terlihat di situs BatamMall tergantung pada monitor komputer Pembeli. BatamMall telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan di Situs BatamMall muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Situs BatamMall akan akurat.

c.  engguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Barang ketika Pengguna membeli suatu barang.

d.  BatamMall tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas barang-barang dari Penjual kepada Pembeli.

3.  Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Barang merupakan tanggung jawab Penjual yang menawarkan Barang tersebut. Terkait ketersediaan stok Barang dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok Barang kosong, maka penjual akan menolak order, dan pembayaran atas barang yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.

4.  Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antara Pembeli dan Penjual selain melalui Rekening Resmi BatamMall dan/atau tanpa sepengetahuan BatamMall (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar situs BatamMall atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.

5.  BatamMall memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

6.  Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas sebagaimana tertera pada layar aplikasi pembelian) setelah Pembeli melakukan pembelian. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan oleh pembeli, BatamMall memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi dimaksud. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.

7.  Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai wajib disertai dengan berita pada slip setoran berupa nomor invoice dan nama. Konfirmasi pembayaran dengan setoran tunai tanpa keterangan tidak akan diproses oleh BatamMall.

8.  Pembeli menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain BatamMall. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pembeli kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pembeli.

9.  Pembeli wajib melakukan konfirmasi penerimaan Barang, setelah menerima kiriman Barang yang dibeli. BatamMall memberikan batas waktu 2 (dua) hari setelah pengiriman berstatus "terkirim" pada sistem BatamMall, untuk Pembeli melakukan konfirmasi penerimaan Barang. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada konfirmasi atau klaim dari pihak Pembeli, maka dengan demikian Pembeli menyatakan menyetujui dilakukannya konfirmasi penerimaan Barang secara otomatis oleh sistem BatamMall.

10.  Setelah adanya konfirmasi penerimaan Barang atau konfirmasi penerimaan Barang otomatis, maka dana pihak Pembeli yang dikirimkan ke Rekening resmi BatamMall akan di lanjut kirimkan ke pihak Penjual (transaksi dianggap selesai).

11.  Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi / konfirmasi otomatis penerimaan Barang adalah bukan menjadi tanggung jawab BatamMall. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan Barang menjadi tanggung jawab Pembeli secara pribadi.

12.  Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Barang yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pembeli.

13.  Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank Rekening resmi BatamMall adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.

14.  Pengembalian dana dari BatamMall kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:

a.  Kelebihan pembayaran dari Pembeli atas harga Barang,

b.  Masalah pengiriman Barang telah teridentifikasi secara jelas dari Penjual yang mengakibatkan pesanan Barang tidak sampai,

c.  Penjual tidak bisa menyanggupi order karena kehabisan stok, perubahan ongkos kirim, maupun penyebab lainnya,

d.  Penjual sudah menyanggupi pengiriman order Barang, tetapi setelah batas waktu yang ditentukan ternyata Penjual tidak mengirimkan Barang hingga batas waktu yang telah ditentukan.

e.  Penyelesaian permasalahan melalui Pusat Resolusi berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Pembeli atau hasil keputusan dari pihak BatamMall.

15.  Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan melalui Saldo Refund milik Pengguna yang akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana. Jika Pengguna menggunakan pilihan metode pembayaran kartu kredit maka pengembalian dana akan merujuk pada ketentuan bagian M terkait Kartu Kredit.

16.  BatamMall berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan BatamMall adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.

17.  Apabila Pembeli memilih menggunakan metode pembayaran transfer bank, maka total pembayaran akan ditambahkan kode unik untuk mempermudah proses verifikasi. Dalam hal pembayaran telah diverifikasi maka kode unik akan dikembalikan ke Saldo Refund Pembeli.

18.  Pembeli wajib melakukan pembayaran dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan beserta kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran. PT BatamMall tidak bertanggungjawab atas kerugian yang dialami Pembeli apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.

19.  BatamMall memiliki kewenangan melakukan perubahan status pemesanan menjadi "terkirim" apabila tidak ada pembaharuan status pengiriman dari kurir setelah 25 hari sejak resi diinput oleh Penjual dan tidak ada konfirmasi lebih lanjut dari pihak Pembeli perihal barang pesanan. Kemudian dalam jangka waktu 5 hari sejak perubahan status tersebut diatas, BatamMall memberikan kesempatan kepada pihak Pembeli untuk melakukan (i) konfirmasi penerimaan barang atau (ii) Komplain. Jika dalam jangka waktu 5 hari tersebut tidak ada konfirmasi penerimaan barang atau komplain apapun dari Pembeli, maka BatamMall memiliki kewenangan untuk menyelesaikan transaksi dan meneruskan dana kepada Penjual bersangkutan yang dianggap telah melakukan kewajibannya mengirimkan barang dan menginformasikan nomor resi pengiriman. Penyesuaian status pemesanan ini hanya akan dilakukan apabila alamat tujuan pengiriman yang tertera pada invoice pemesanan dan resi kurir telah sesuai.

20.  Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.

D.  Transaksi Penjualan

1.  Penjual dilarang memanipulasi harga Barang dengan tujuan apapun.

2.  Penjual dilarang melakukan penawaran / berdagang Barang terlarang sesuai dengan yang telah ditetapkan pada ketentuan Poin J. Jenis Barang.

3.  Penjual wajib memberikan foto dan informasi produk dengan lengkap dan jelas sesuai dengan kondisi dan kualitas produk yang dijualnya. Apabila terdapat ketidaksesuaian antara foto dan informasi produk yang diunggah oleh Penjual dengan produk yang diterima oleh Pembeli, maka BatamMall berhak membatalkan/menahan dana transaksi.

4.  Dalam menggunakan Fasilitas "Judul Produk", "Foto Produk", "Catatan" dan "Deskripsi Produk", Penjual dilarang membuat peraturan bersifat klausula baku yang tidak memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada (i) tidak menerima komplain, (ii) tidak menerima retur (penukaran barang), (iii) tidak menerima refund (pengembalian dana), (iv) barang tidak bergaransi, (v) pengalihan tanggung jawab (termasuk tidak terbatas pada penanggungan ongkos kirim), (vi) penyusutan nilai harga dan (vii) pengiriman barang acak secara sepihak. Jika terdapat pertentangan antara catatan toko dan/atau deskripsi produk dengan Syarat & Ketentuan BatamMall, maka peraturan yang berlaku adalah Syarat & Ketentuan BatamMall.

5.  Penjual wajib memberikan balasan untuk menerima atau menolak pesanan Barang pihak Pembeli dalam batas waktu 2 hari terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang dari BatamMall. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada balasan dari Penjual maka secara otomatis pesanan akan dibatalkan.

6.  Demi menjaga kenyamanan Pembeli dalam bertransaksi, Penjual memahami dan menyetujui bahwa BatamMall berhak melakukan moderasi toko Penjual apabila Penjual melakukan penolakan, pembatalan dan/atau tidak merespon pesanan Barang milik Pembeli dengan dugaan untuk memanipulasi transaksi, pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan, dan/atau kecurangan atau penyalahgunaan lainnya.

7.  Penjual diharapkan untuk memasukkan nomor resi pengiriman Barang atau AWB (air way bill) yang valid, yaitu:

a.  Tanggal pembuatan resi pengiriman Barang tidak lebih dulu dari tanggal transaksi pembelian Barang;

b.  Nomor resi pengiriman Barang harus dapat dilacak atau ditemukan pada web situs pelacakan atau sistem jasa ekspedisi rekanan BatamMall; dan/atau

c.  Merupakan resi pengiriman Barang yang memang diperuntukkan untuk pembeli yang akan menerima paket tersebut (detail pengiriman harus sama).

8.  Penjual wajib memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang valid dalam batas waktu 2 x 24 jam (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang dari BatamMall.

9.  Apabila Penjual memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang invalid atau tidak dapat terlacak, Penjual wajib memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang valid dalam batas waktu 2 x 24 jam (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi nomor resi invalid atau tidak terlacak yang diberikan oleh BatamMall kepada Penjual.

10.  Jika dalam batas waktu tersebut dalam Syarat & Ketentuan Poin D. 8 dan D. 9 pihak Penjual tidak memasukkan nomor resi Penjual tetap mengirimkan Barang setelah melebihi batas waktu pengiriman sebagaimana dijelaskan diatas, maka Penjual memahami bahwa transaksi akan tetap dibatalkan untuk kemudian Penjual dapat melakukan penarikan Barang pada kurir tempat Barang dikirimkan.

11.  Penjual memahami dan menyetujui bahwa kurir pengiriman tidak dapat diubah oleh Penjual setelah Penjual melakukan konfirmasi pengiriman dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penjual.

12.  Penjual memahami dan menyetujui bahwa Pajak Penghasilan Penjual akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh masing-masing Penjual sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku di peraturan perundang-undangan di Indonesia.

13.  BatamMall berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan BatamMall adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.

14.  Apabila disepakati oleh Penjual dan Pembeli, penggunaan jasa Logistik yang berbeda dari pilihan awal pembeli dapat dilakukan (dengan ketentuan bahwa tarif pengiriman tersebut adalah di bawah tarif pengiriman awal).

15.  BatamMall berwenang memotong kelebihan tarif pengiriman dari dana pembayaran pembeli dan mengembalikan selisih kelebihan tarif pengiriman kepada pembeli.

16.  Penjual memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.

E.  Penataan Etalase

1.  Penjual dilarang mempergunakan etalase (termasuk dan tidak terbatas pada informasi toko dan informasi barang) sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke halaman situs lain diluar situs BatamMall.

2.  Penjual dilarang memberikan data kontak pribadi dengan maksud untuk melakukan transaksi secara langsung kepada Pembeli / calon Pembeli.

3.  Penjual dilarang memberikan keterangan (informasi toko dan/atau Barang) selain/diluar daripada keterangan toko dan/atau Barang yang bersangkutan.

4.  Penamaan Barang dan informasi produk harus dilakukan sesuai dengan informasi detail, spesifikasi, dan kondisi Barang, dengan demikian Pengguna tidak diperkenankan untuk mencantumkan nama, deskripsi, gambar dan/atau kata yang tidak berkaitan dan/atau tidak sesuai dengan Barang tersebut.

5.  Penamaan Barang dan informasi produk harus sesuai dengan kondisi Barang yang ditampilkan dan Pengguna tidak diperkenankan mencantumkan nama dan informasi yang tidak sesuai dengan kondisi Barang.

6.  Penjual wajib memisahkan tiap-tiap Barang yang memiliki ukuran dan harga yang berbeda.

7.  Penjual tidak diperkenankan memperdagangkan jasa, atau Barang non-fisik.

8.  BatamMall memiliki kewenangan mengambil-alih akun toko Penjual jika akun Penjual sudah tidak aktif lebih dari 9 bulan, dan/atau pemilik merek dagang resmi (sesuai dengan Daftar Umum Merek di Indonesia) dengan nama yang sama dengan akun Penjual melakukan klaim terhadapnya dikarenakan mereka ingin menggunakan akun tersebut.

9.  BatamMall memiliki kewenangan untuk mengubah nama dan/atau memakai nama Toko dan/atau domain Pengguna untuk kepentingan internal BatamMall.

F.  Komisi

1.  BatamMall berhak mengenakan komisi dari setiap transaksi yang dilakukan melalui Situs BatamMall, Hal ini sebagai biaya pengembangan dan pemeliharaan fitur atau layanan tertentu di situs batammall.co.id

G.  Harga

1.  Harga Barang yang terdapat dalam situs BatamMall adalah harga yang ditetapkan oleh Penjual. Penjual dilarang memanipulasi harga barang dengan cara apapun.

2.  Penjual dilarang menetapkan harga yang tidak wajar pada Barang yang ditawarkan melalui Situs BatamMall. BatamMall berhak untuk melakukan tindakan berupa memindahkan Barang ke gudang, pemeriksaan, penundaan, atau penurunan konten serta tindakan lainnya berdasarkan penilaian sendiri dari BatamMall atas dasar penetapan harga yang tidak wajar.

3.  Pembeli memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya halaman situs BatamMall dikarenakan browser/ISP yang dipakai Pembeli adalah tanggung jawab Pembeli.

4.  Penjual memahami dan menyetujui bahwa kesalahan ketik yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain menjadi tidak benar/sesuai adalah tanggung jawab Penjual. Perlu diingat dalam hal ini, apabila terjadi kesalahan pengetikan keterangan harga Barang yang tidak disengaja, Penjual berhak menolak pesanan Barang yang dilakukan oleh pembeli.

5.  Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat ketidaksepahaman antara Penjual dan Pembeli tentang harga bukanlah merupakan tanggung jawab BatamMall.

6.  Dengan melakukan pemesanan melalui BatamMall, Pengguna menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga barang, ongkos kirim, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara tegas dalam halaman pembayaran. Pengguna setuju untuk melakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang telah dipilih sebelumnya oleh Pengguna.

7.  Batasan harga maksimal satuan untuk Barang yang dapat ditawarkan adalah Rp. 500.000.000,-

8.  Situs BatamMall untuk saat ini hanya melayani transaksi jual beli Barang dalam mata uang Rupiah.

H.  Tarif Pengiriman

1.  Pembeli memahami dan mengerti bahwa BatamMall telah melakukan usaha sebaik mungkin dalam memberikan informasi tarif pengiriman kepada Pembeli berdasarkan lokasi secara akurat, namun BatamMall tidak dapat menjamin keakuratan data tersebut dengan yang ada pada cabang setempat.

2.  arena itu BatamMall menyarankan kepada Penjual untuk mencatat terlebih dahulu tarif yang diberikan BatamMall, agar dapat dibandingkan dengan tarif yang dibebankan di cabang setempat. Apabila mendapati perbedaan, mohon sekiranya untuk menginformasikan kepada kami melalui menu contact us dengan memberikan data harga yang didapat beserta kota asal dan tujuan, agar dapat kami telusuri lebih lanjut.

3.  Pengguna memahami dan menyetujui bahwa selisih biaya pengiriman Barang adalah di luar tanggung jawab BatamMall, dan oleh karena itu, adalah kebijakan Penjual sendiri untuk membatalkan atau tetap melakukan pengiriman Barang.

I.  Konten

1.  Dalam menggunakan setiap fitur dan/atau layanan BatamMall, Pengguna dilarang untuk mengunggah atau mempergunakan kata-kata, komentar, gambar, atau konten apapun yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, beriklan atau melakukan promosi ke situs selain Situs BatamMall, atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial maupun berdasarkan kebijakan yang ditentukan sendiri oleh BatamMall. BatamMall berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, moderasi toko, pemblokiran akun, dan lain-lain

2.  Pengguna dilarang mempergunakan foto/gambar Barang yang memiliki watermark yang menandakan hak kepemilikan orang lain.

3.  Pengguna dengan ini memahami dan menyetujui bahwa penyalahgunaan foto/gambar yang di unggah oleh Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.

4.  Penjual tidak diperkenankan untuk mempergunakan foto/gambar Barang atau logo toko sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke situs-situs lain diluar Situs BatamMall, atau memberikan data kontak pribadi untuk melakukan transaksi secara langsung kepada pembeli / calon pembeli.

5.  Penjual menjamin foto/gambar yang diunggah tidak termasuk konten yang dilarang berdasarkan Poin I. 1 atau melanggar hak milik pihak lain. Apabila didapati foto/gambar melanggar konten berdasarkan Poin I. 1 atau terdapat laporan pelanggaran hak milik pihak lain, maka BatamMall berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, termasuk namun tidak terbatas pada penghapusan konten dan/atau tindakan lainnya yang perlu dilakukan.

6.  Ketika Pengguna mengunggah ke Situs BatamMall dengan konten atau posting konten, Pengguna memberikan BatamMall hak non-eksklusif, di seluruh dunia, secara terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, bebas royalti, disublisensikan ( melalui beberapa tingkatan ) hak untuk melaksanakan setiap dan semua hak cipta, publisitas , merek dagang , hak basis data dan hak kekayaan intelektual yang Pengguna miliki dalam konten, di media manapun yang dikenal sekarang atau di masa depan. Selanjutnya , untuk sepenuhnya diizinkan oleh hukum yang berlaku , Anda mengesampingkan hak moral dan berjanji untuk tidak menuntut hak-hak tersebut terhadap BatamMall.

7.  Pengguna menjamin bahwa tidak melanggar hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten Pengguna kedalam situs BatamMall. Setiap Pengguna dengan ini bertanggung jawab secara pribadi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten di Situs BatamMall.

8.  BatamMall akan menyediakan fitur "Diskusi Produk" untuk memudahkan pembeli berinteraksi dengan penjual, perihal Barang yang ditawarkan. Penjual tidak diperkenankan menggunakan fitur tersebut untuk tujuan dengan cara apa pun menaikkan harga Barang dagangannya, termasuk di dalamnya memberi komentar pertama kali atau memberi komentar selanjutnya / terus menerus secara berkala (flooding / spam).

9.  Meskipun kami mencoba untuk menawarkan informasi yang dapat diandalkan, kami tidak bisa menjanjikan bahwa katalog akan selalu akurat dan terbaharui, dan Pengguna setuju bahwa Pengguna tidak akan meminta BatamMall bertanggung jawab atas ketimpangan dalam katalog. Katalog mungkin termasuk hak cipta, merek dagang atau hak milik lainnya.

10.  Konten atau materi yang akan ditampilkan atau ditayangkan pada Situs/Aplikasi BatamMall akan tunduk pada Ketentuan Situs, peraturan hukum, serta etika pariwara yang berlaku.

11.  BatamMall berhak untuk sewaktu-waktu menurunkan konten atau materi yang terdapat pada halaman produk penjual yang dianggap melanggar Syarat dan Ketentuan Situs, peraturan hukum yang berlaku, serta etika pariwara yang berlaku.

12.  Penjualan produk yang mengandung tembakau dan/atau rokok elektrik hanya diperkenankan di jual kedalam 6 (enam) kategori tertentu, yaitu:

a.  Kategori E-cigarettes;

b.  Kategori Liquid Vape;

c.  Kategori Paket Vapor;

d.  Kategori MOD;

e.  Kategori Atomizer; dan/atau

f.  Kategori Produk Dewasa Lainnya;

13.  BatamMall berhak untuk sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk melakukan tindakan penurunan konten yang menjual produk rokok elektrik, perangkat rokok elektrik, cairan rokok elektrik, dan/atau produk yang mengandung tembakau di platform Android, termasuk namun tidak terbatas pada produk rokok tembakau, nikotin, liquid vape, mod, pod, heatstick, vaporizer dan/atau E-Cigarette, mengacu pada kebijakan Google Play Store yang dapat dilihat DISINI.

14.  BatamMall berhak sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk mengambil tindakan berupa moderasi toko, apabila Penjual diduga melakukan manipulasi konten sebagaimana diatur dalam poin I.14, termasuk namun tidak terbatas pada manipulasi penulisan nama produk, gambar produk, deskripsi produk dan/atau kegiatan lainnya yang bertujuan untuk mengelabuhi penjualan konten sebagaimana diatur dalam poin I.14 agar tetap dapat melakukan penawaran menggunakan Aplikasi Android.

J.  Jenis Barang

  Berikut ini adalah daftar jenis Barang yang dilarang untuk diperdagangkan oleh Penjual pada Situs BatamMall:

1.  Segala jenis obat-obatan maupun zat-zat lain yang dilarang ataupun dibatasi peredarannya menurut ketentuan hukum yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada ketentuan Undang-Undang Narkotika, Undang-Undang Psikotropika, dan Undang-Undang Kesehatan. Termasuk pula dalam ketentuan ini adalah obat keras, obat-obatan yang memerlukan resep dokter, obat bius dan sejenisnya, atau obat yang tidak memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

2.  Kosmetik dan makanan minuman yang membahayakan keselamatan penggunanya, ataupun yang tidak mempunyai izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

3.  Bahan yang diklasifikasikan sebagai Bahan Berbahaya menurut Peraturan Menteri Perdagangan yang berlaku.

4.  Jenis Produk tertentu yang wajib memiliki:

a.  SNI;

b.  Petunjuk penggunaan dalam Bahasa Indonesia; atau

c.  Label dalam Bahasa Indonesia.

5.  Sementara yang diperjualbelikan tidak mencantumkan hal-hal tersebut.

6.  Barang-barang lain yang kepemilikannya ataupun peredarannya melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

7.  Barang yang merupakan hasil pelanggaran Hak Cipta, termasuk namun tidak terbatas dalam media berbentuk buku, CD/DVD/VCD, informasi dan/atau dokumen elektronik, serta media lain yang bertentangan dengan Undang-Undang Hak Cipta.

8.  Barang dewasa yang bersifat seksual berupa obat perangsang, alat bantu seks yang mengandung konten pornografi, serta obat kuat dan obat-obatan dewasa, baik yang tidak memiliki izin edar BPOM maupun yang peredarannya dibatasi oleh ketentuan hukum yang berlaku.

9.  Minuman beralkohol.

10.  Iklan.

11.  Segala bentuk tulisan yang dapat berpengaruh negatif terhadap pemakaian situs ini.

12.  Pakaian dalam bekas.

13.  Senjata api, senjata tajam, senapan angin, dan segala macam senjata.

14.  Dokumen pemerintahan dan perjalanan.

15.  Seragam pemerintahan.

16.  Bagian/Organ manusia.

17.  Mailing list dan informasi pribadi.

18.  Barang-Barang yang melecehkan pihak/ras tertentu atau dapat merendahkan martabat orang lain.

19.  Pestisida.

20.  Atribut kepolisian.

21.  Barang hasil tindak pencurian.

22.  Pembuka kunci dan segala aksesori penunjang tindakan perampokan/pencurian.

23.  Barang yang dapat dan atau mudah meledak, menyala atau terbakar sendiri.

24.  Barang cetakan/rekaman yang isinya dapat mengganggu keamanan & ketertiban serta stabilitas nasional.

25.  Hewan.

26.  Uang tunai termasuk valuta asing kecuali Penjual memiliki dan dapat mencantumkan izin sebagai Penyelenggara Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing Bukan Bank berdasarkan Peraturan Bank Indonesia No.18/20/PBI/2016 dan/atau peraturan lainnya yang terkait dengan penukaran valuta asing.

27.  Materai.

28.  Pengacak sinyal, penghilang sinyal, dan/atau alat-alat lain yang dapat mengganggu sinyal atau jaringan telekomunikasi

29.  Perlengkapan dan peralatan judi.

30.  Jimat-jimat, benda-benda yang diklaim berkekuatan gaib dan memberi ilmu kesaktian.

31.  Barang dengan hak Distribusi Eksklusif yang hanya dapat diperdagangkan dengan sistem penjualan langsung oleh penjual resmi dan/atau Barang dengan sistem penjualan Multi Level Marketing.

32.  Dokumen-dokumen resmi seperti Sertifikat Toefl, Ijazah, Surat Dokter, Kwitansi, dan lain sebagainya

33.  Segala jenis Barang lain yang bertentangan dengan peraturan pengiriman Barang Indonesia.

34.  Barang-Barang lain yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

K.  Kartu Kredit

1.  Pengguna dapat memilih untuk mempergunakan pilihan metode pembayaran menggunakan kartu kredit untuk transaksi pembelian Barang dan produk digital melalui Situs BatamMall.

2.  Transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit dapat dilakukan untuk transaksi pembelian dengan nilai total belanja minimal Rp. 50.000 (lima puluh ribu rupiah) hingga maksimal Rp 500.000.000 (lima ratus juta rupiah) untuk transaksi marketplace dan/atau digital, transaksi dapat dilakukan hingga Rp1.000.000.000,- (satu miliar rupiah) khusus untuk pembelian produk mobil pada Official Store.

3.  Transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit wajib mengikuti syarat dan ketentuan yang diatur oleh BatamMall dan mempergunakan kurir/logistik yang disediakan dan terhubung dengan Situs BatamMall.

4.  Pengguna dilarang untuk mempergunakan metode pembayaran kartu kredit di luar peruntukan sebagai alat pembayaran.

5.  Apabila terdapat transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan BatamMall, maka BatamMall berwenang untuk:

a.  Menahan dana transaksi selama diperlukan oleh BatamMall, pihak Bank, maupun mitra payment gateway terkait untuk melakukan investigasi yang diperlukan, sekurang-kurangnya 14 (empat belas) hari;

b.  Melakukan pemotongan dana sebesar 15% (lima belas persen) dari nilai transaksi, serta menarik kembali nilai subsidi sehubungan penggunaan kartu kredit.

6.  BatamMall akan menghentikan kerjasama dengan Penjual yang melakukan tindakan yang dapat merugikan prinsipal, penerbit, acquirer dan /atau pemegang kartu kredit, antara lain memproses penarikan / gesek tunai (cash withdrawal transaction).

7.  Apabila transaksi pembelian tidak berhasil dan/atau dibatalkan, maka tagihan atas transaksi tersebut akan dibatalkan dan dana transaksi akan dikembalikan ke limit kartu kredit pembeli di tagihan berikutnya. Ketentuan pada ayat ini tidak berlaku untuk transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan BatamMall.

8.  Transaksi pembelian yang menggunakan metode pembayaran kartu kredit akan dikenakan biaya layanan sebesar 2,5% dari total biaya yang harus dibayarkan. Biaya layanan ini diberlakukan untuk tujuan pemeliharaan sistem dan peningkatan layanan dalam berbelanja.

9.  Transaksi pembelian yang menggunakan metode pembayaran cicilan kartu kredit akan dikenakan biaya layanan yang diberlakukan untuk tujuan pemeliharaan sistem dan peningkatan layanan dalam bertransaksi melalui BatamMall, dengan rincian sebagai berikut:

a.  Cicilan 3 (tiga) bulan sebesar 3.5% (tiga koma lima persen)

b.  Cicilan 6 (enam) bulan sebesar 5.5% (lima koma lima persen)

c.  Cicilan 12 (dua belas) bulan sebesar 12% (dua belas persen)

d.  Cicilan 18 (delapan belas) bulan sebesar 16% (enam belas persen)

e.  Cicilan 24 (dua puluh empat) bulan sebesar 18% (delamapan belas persen)

10.  Apabila seluruh transaksi dalam satu pembayaran yang menggunakan kartu kredit dibatalkan, maka biaya layanan tersebut akan dikembalikan ke limit kartu kredit Pengguna. Namun apabila hanya sebagian transaksi dalam satu pembayaran yang menggunakan kartu kredit dibatalkan, maka biaya layanan tersebut tidak akan ikut serta dikembalikan.

L.  Promo

1.  BatamMall sewaktu-waktu dapat mengadakan kegiatan promosi (selanjutnya disebut sebagai “Promo”) dengan Syarat dan Ketentuan yang mungkin berbeda pada masing-masing kegiatan Promo. Pengguna dihimbau untuk membaca dengan seksama Syarat dan Ketentuan Promo tersebut.

2.  Apabila terdapat transaksi Promo yang mempergunakan metode pembayaran kartu kredit yang melanggar Syarat dan Ketentuan BatamMall, maka akan merujuk pada Syarat dan Ketentuan Poin L. Kartu Kredit.

3.  BatamMall berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada menarik subsidi atau membatalkan benefit lainnya seperti pencabutan Promo, membatalkan transaksi, menahan dana, menutup akun, serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, penggunaan resi yang tidak valid pada mayoritas transaksi, pelanggaran maupun pemanfaatan Promo untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran pelanggaran Syarat dan Ketentuan BatamMall dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.

M.  Pengiriman Barang

1.  Pengiriman Barang dalam sistem BatamMall wajib menggunakan jasa perusahaan ekspedisi yang telah mendapatkan verifikasi rekanan BatamMall yang dipilih oleh Pembeli.

2.  Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman Barang adalah wewenang sepenuhnya penyedia jasa layanan pengiriman Barang.

3.  Penjual wajib memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh jasa layanan pengiriman barang tersebut dan bertanggung jawab atas setiap Barang yang dikirimkan.

4.  Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman Barang oleh penyedia jasa layanan pengiriman Barang adalah merupakan tanggung jawab penyedia jasa layanan pengiriman.

5.  Dalam hal diperlukan untuk dilakukan proses pengembalian barang, maka Pengguna, baik Penjual maupun Pembeli, diwajibkan untuk melakukan pengiriman barang langsung ke masing-masing Pembeli maupun Penjual. BatamMall tidak menerima pengembalian atau pengiriman barang atas transaksi yang dilakukan oleh Pengguna dalam kondisi apapun.

6.  Dalam hal terjadi kendala dalam proses pengiriman berupa barang hilang, barang rusak, dan lain sebagainya, Pembeli dan Penjual dapat melaporkan ke pihak BatamMall paling lambat 3x24 jam sejak waktu pengiriman untuk dilakukan proses investigasi.

7.  Khusus pengiriman barang dalam satu wilayah akan mengikuti ketentuan bersama antara batammall dan kurir yang terdaftar di batammall

N.  Penarikan Dana

1.  Penarikan dana sesama bank akan diproses dalam waktu 1x24 jam hari kerja, sedangkan penarikan dana antar bank akan diproses dalam waktu 2x24 jam hari kerja.

2.  Untuk penarikan dana dengan tujuan nomor rekening di luar bank BCA, Mandiri, dan BNI apabila ada biaya tambahan yang dibebankan akan menjadi tanggungan dari Pengguna.

3.  Dalam hal ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan BatamMall, kecurangan, manipulasi atau kejahatan, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa BatamMall berhak melakukan tindakan pemeriksaan, pembekuan, penundaan dan/atau pembatalan terhadap penarikan dana yang dilakukan oleh Pengguna.

4.  Pemeriksaan, pembekuan atau penundaan penarikan dana sebagaimana dimaksud dalam Poin O. 3 dapat dilakukan dalam jangka waktu selama yang diperlukan oleh pihak BatamMall.

O.  Ketentuan Lain

1.  Apabila Pengguna mempergunakan fitur-fitur yang tersedia dalam situs BatamMall maka Pengguna dengan ini menyatakan memahami dan menyetujui segala syarat dan ketentuan yang diatur khusus sehubungan dengan fitur-fitur tersebut di bawah ini, yakni:

2.  Segala hal yang belum dan/atau tidak diatur dalam syarat dan ketentuan khusus dalam fitur tersebut maka akan sepenuhnya merujuk pada syarat dan ketentuan BatamMall secara umum.

P.  Penolakan Jaminan Dan Batasan Tanggung Jawab

1.  BatamMall adalah portal web dengan model Costumer to Customer Marketplace, yang menyediakan layanan kepada Pengguna untuk dapat menjadi Penjual maupun Pembeli di website BatamMall. Dengan demikian transaksi yang terjadi adalah transaksi antar member BatamMall, sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab BatamMall secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa portal web.

2.  BatamMall selalu berupaya untuk menjaga Layanan BatamMall aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi kami tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Layanan kami dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam situs BatamMall memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.

3.  Pengguna setuju bahwa Anda memanfaatkan Layanan BatamMall atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan BatamMall diberikan kepada Anda pada "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA".

4.  Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, BatamMall (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) adalah tidak bertanggung jawab, dan Anda setuju untuk tidak menuntut BatamMall bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :

a.  Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan BatamMall.

b.  Harga, Pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam layanan BatamMall.

c.  Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan BatamMall.

d.  Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.

e.  Kualitas Barang.

f.  Pengiriman Barang.

g.  Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.

h.  Perselisihan antar pengguna.

i.  Pencemaran nama baik pihak lain.

j.  Setiap penyalahgunaan Barang yang sudah dibeli pihak Pengguna.

k.  Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Rekening Resmi BatamMall, yang dengan cara apapun mengatas-namakan BatamMall ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.

l.  Pengiriman untuk perbaikan Barang yang bergaransi resmi dari pihak produsen. Pembeli dapat membawa Barang langsung kepada pusat layanan servis terdekat dengan kartu garansi dan faktur pembelian.

m.  Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool, hacking tools) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke layanan BatamMall.

n.  Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan BatamMall.

o.  Kerusakan pada perangkat keras Anda dari penggunaan setiap Layanan BatamMall.

p.  Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam situs BatamMall yang diduga palsu.

q.  Tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.

r.  Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun pengguna.

Q.  Pelepasan

  Jika Anda memiliki perselisihan dengan satu atau lebih pengguna, Anda melepaskan BatamMall (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya , yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada kerugian yang timbul dari pembelian Barang yang telah dilarang pada Poin J. Jenis Barang. Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.

R.  Ganti Rugi

  Pengguna akan melepaskan BatamMall dari tuntutan ganti rugi dan menjaga BatamMall (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Anda melanggar Perjanjian ini, penggunaan Layanan BatamMall yang tidak semestinya dan/ atau pelanggaran Anda terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

S.  Pilihan Hukum

  Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Anda setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.

T.  Pembaharuan

  Syarat & ketentuan mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. BatamMall menyarankan agar anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat & ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan BatamMall, maka pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat & Ketentuan.